Inilah Akibatnya Kalau Tubuh Kita Kurang Serat

Serat adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita untuk memperlancar pencernaan bagi manusia, Serat juga memiliki kemampuan mengikat lemak yang berasal dari makanan yang kita makan sehari-hari.

Karena itu kita harus memakan-makanan yang berserat tinggi agar tubuh kita selalu sehat,

Sayuran dan buah-buahan adalah salah satu makanan yang mengandung serat tinggi, Serat pada makanan terdiri dari poliskarida atau karbohidrat kompleks.

kurangnya serat bagi tubuh kita dapat menyebabkan penyakit berbahaya
Akibat Kurang Serat



Agar tubuh kita sehat selalu kita harus mengkomsumsi serat sekitar 20-25 gram setiap harinya kalau kita ke kurangan serat tubuh kita akan rawan penyakit.


Akibat Kurang Serat Bagi Tubuh Kita


1. Radar Gula Darah Tidak Setabil

Penyakit diabetes biasanya di karenakan tubuh kita kekurangan serat karena gula darah orang yang kekurangan serat tidak setabil, Karena itu sangat di anjurkan oleh dokter kita harus memakan makanan berserat tinggi.

2. Sembelit

Sembelit adalah di mana kita susah untuk buang air besar, Perut dan lambung kita pun terasa tidak nyaman, Konsumsilah serat agar pencernaan anda lancar kalau pencernaan anda lancara anda akan terhindar dari kangker usus.

3. Penyakit Jantung

Serat bekerja seperti spon di dalam tubuh kita yang bekerja menyerap lemak jahat yang berada di darah kita sehingga dapat mengurangi masalah pada jantung kita, Anda tidak mau kan mempunyai penyakit jantung karena itu anda harus makan makanan berserat setiap harinya.

4. Kolesterol Tinggi

Kolesterol jahat akan menumpuk pada tubuh kita saat tubuh kita kekurangan serat, Serat sangat bagus untuk menurunkan kolesterol karena kalau kolesterol kita tinggi dapat membahayakan jantung kita.

Kekurangan pasti ada kelebihan sama halnya tadi saya menjelaskan tentang akibat tubuh kita kurang serat nah kali ini saya juga akan menjelaskan manfaat serat bagi tubuh kita langsung saja anda simak sebai berikut

Manfaat Serat Bagi Tubuh Kita


1. Menjaga Kesehatan Usus

Tidak ada hubungan khusus memang antara meng-konsumsi makanan yang berserat dengan pencegahan kanker usus,namun bila ditilik lagi,dengan cara mengkonsumsi makanan berserat sesuai dengan kebutuhan berarti kita telah menjaga sistem kesehatan usus secara keseluruhan.

2. Memperpanjang Usia Hidup


Dengan mengkonsumsi serat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh (14gr / 1000kalori ),kita telah membuka kesempatan hidup lebih lama. yaitu sekitar 9 Tahun lamanya jika dibandingkan dengan orang orang yang tidak memenuhi kebutuhan serat disetiap harinya.

3. Mencegah Timbulnya Penyakit Kencing Manis / diabetes

Orang yang memenuhi kebutuhan serat di setiap harinya memiliki resiko lebih kecil terjangkit kencing manis / diabetes dibandingkan dengan orang orang yang tidak memenuhi kebutuhan seratnya.

Hal ini terjadi karena makan makanan berserat memiliki kemampuan yang cukup ampuh untuk  memperlambat penyerapan gula dalam kadar darah.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tak sedikit orang yang mengalami permasalahan dengan buang air besar seperti keras,berdarah atau mungkin tidak merasakan ingin buang air besar selama berhari hari. 

Hal hal tersebut dapat disebabkan oleh kurang nya konsumsi serat,bagi anda yang sering atau masih mengalami hal ini di anjurkan untuk perbanyak konsumsi serat atau minimal memenuhi kebutuhan asupan seratnya.

5. Mencegah Timbulnya Serangan Jantung

Sebuah penelitian berjangka panjang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi cukup serat dapat mencegah timbulnya serangan jantung,penelitian ini pun berhasil membuktikan bahwasanya serat terbukti dapat mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah.

Bagi anda yang perokok ada baiknya mengimbangi kebiasaan buruk anda dengan mengkonsumsi lebih banyak serat,pun begitu hal nya dengan anda yang memiliki penyakit darah tinggi.

BACA JUGA : Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Wanita

Itu saja yang saja bisa sampaikan tentang akibat anda kekurangan serat dan manfaat makan makanan berserat,terimakasih atas kunjungan anda di blog sederhana ini dan jangan lupa share artikel ini siapa tau membantu orang banyak.


1 Response to "Inilah Akibatnya Kalau Tubuh Kita Kurang Serat"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete